Sabtu, 20 April 2013

Latar Belakang Pendirian

A.     Latar Belakang

Negara Barat lebih maju dari negara Timur karena negara Barat lebih dahulu menerapkan manajemen. (URWICK)

 

Sejarah memang membuktikan bahwa ilmu pengetahuan manajemen yang ada sekarang dan kita kenal ini berasal dari negara Barat. Negara barat menggali dan merumuskan apa yang dirasakan dan dilaksanakan di sana, serta melakukan penelitian-penelitian guna membuktikan hipotesis-hipotesis yang mereka rumuskan.

Pada awal pengkajiannya, memang terjadi perdebatan, mengenai apakah manajemen itu merupakan seni yang lebih banyak dipengaruhi oleh bakat seseorang dalam penerapannya, ataukah manajemen itu suatu ilmu yang dapat dirumuskan secara sistematik, yang dapat diajarkan dan dipelajari oleh semua orang. Ternyata, dalam perjalanan sejarahnya, akhirnya diakui bahwa manajemen memang memiliki sifat sebagai ilmu. Hal ini berkat jasa banyak ahli manajemen, seperti F.W. Taylor, Elton Mayo dan banyak ahli manajemen lain, yang dengan kerja kerasnya, terbukti bahwa manajemen dapat dipelajari dan diajarkan.

Pancasila dan UUD 1945 telah mensyaratkan bahwa ekonomi Indonesia harus ada pada tatanan kesejahteraan dengan segala kemerataannya. Sepakat atau tidak bahwa proses manajemen di Indonesia masih rapuh, sehingga kurang berdaya guna dalam men­capai tujuan pembangunan bangsa.  Ketika bangsa Indonesia menghadapi cobaan krisis Ekonomi, bencana alam, dan cobaan lainnya, maka perjuangan panjang untuk mencapai masyarakat sejahtera, adil dan makmur, menjadi semakin berat sekaligus menantang. Kerja keras bangsa untuk memulihkan tingkat kesejahteraan rakyat, dihadapkan pada persaingan dunia dengan negara-negara lain yang secra intensif meningkatkan produktivitas. Hal ini mengandung arti bahwa untuk mensejajarkan diri sebagai bangsa yang sejahtera, tiada kata lain, hanya tekad bulat bangsa untuk membangun gerakan produktivitas dalam proses manajemen.

Selain manajemen dan sub kajiannya, Akuntansi sebagai cabang ilmu tersendiri-pun memiliki peran yang sangat besar dalam pengembangan produktivitas perusahaan sehingga berpengaruh terhadap perekonomian bangsa secara makro. Kita semua tahu bahwa lingkungan di sekitar perusahaan selalu berubah secara kontinu. Perubahan ini telah memperluas aktivitas perusahaan. Para pemimpin perusahaan senantiasa berusaha mencari cara untuk mencapai kesuksesan, tidak hanya dalam pasar internal, tetapi juga eksternal. Perkembangan dan pertumbuhan perdagangan dunia dan peningkatan aktivitas perusahaan telah mengakibatkan masalah dan isu yang berbeda bagi manajer.

Informasi akuntansi manajemen tradisional, khususnya, tidaklah relevan untuk persaingan saat ini. Informasi akuntansi manajemen, yang didorong oleh prosedur dan siklus sistem pelaporan keuangan organisasi, ternyata terlalu lamban, agregat, dan menyimpang dari relevansinya untuk keputusan perencanaan dan pengendalian. Manajer puncak cenderung melakukan penilaian kinerja hanya terfokus pada hasil-hasil akuntansi semata. Belakangan ini tindakan-tindakan yang didorong oleh informasi akuntansi manajemen telah merusak daya saing perusahaan. Pengambilan keputusan yang tepat pada era globalisasi harus didasarkan atas informasi yang benar-benar bermanfaat dan tidak hanya tergantung pada informasi akuntansi yang menyebabkan perusahaan tidak bertahan dari persaingan.

Penggunaan informasi akuntansi semata untuk mengendalikan operasi (dikenal dengan istilah ”managing by remote control” mengakibatkan perusahaan cenderung tidak memandang proses dan kepuasan pelanggan sebagai elemen kompetitif.

Berdasarkan pendekatan diatas maka kami yang tergabung dalam PUSAKA mencoba mengkaji aspek-aspek manajemen dan akuntansi dalam wadah. Usaha ini tidak lain adalah sebagai bentuk pendekatan dan penggalian khazanah keilmuan kami.

 

B.     Dasar Pendirian

1.      Undang – Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 pasal 31 ;
2.      Undang – Undang No. 20 / 2003 Tentang Sisdiknas ;
3.      Undang – undang No. 9 / 2009 Tentang Badan Hukum Pendidikan ;
4.      Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
5.      Keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia Nomor 155 /u/1998 Tentang Pedoman umum organisasi kemahasiswaan di perguruan tinggi menteri Pendidikan dan kebudayaan,
6.      Surat Keputusan Ketua STIE Bina Bangsa yang dimohonkan tentang pendirian dan izin operasional PUSAKA.

 

C.      Sasaran

  1. Masyarakat Ilmiah : Menjadi pusat studi dan penelitian dalam bidang Manajemen dan Akuntansi, melalui berbagai kegiatan diantaranya diskusi, kuliah umum, seminar, lokakarya, pelatihan, dan penelitian bersama.
  2. Masyarakat Industri : Menjadi lembaga yang dapat membantu masyarakat industri untuk berbagi informasi Manajemen dan Akuntansi

D.     Rencana Program Kerja

1.      Melaksanakan diskusi, pertemuan, seminar guna membahas permasalahan yang berkembang di tengah masyarakat dalam aspek hukum ekonomi, manajemen dan akuntansi.
2.      Melakukan upaya pendampingan pada kelompok masyarakat sesuai permintaan.
3.      Mengelola kajian, analisis dan studi manajemen dan akuntansi yang berdasarkan objektivitas dan independensi pemikiran.
4.      Mengintensifkan hasil-hasil kajian, kegiatan, maupun berita lewat situs www.pusakabiba.blogspot.com
5.      Menjalin kerjasama antar lembaga Non-Government Organizations (NGO) dan Government Organization (GO).
6.      Menyelenggarakan pelatihan aspek manajemen dan akuntansi.
7.      Sebagai lembaga konsultan, melaksanakan penelitian, pengembangan serta pengkajian manajemen dan akuntansi.


E.      Logo dan Lambang
       Falsafah :

1.      Pena bulu angsa        : Dengan Pena-lah sejarah terukir
2.      Mata                            : Menganalisis dan mengkaji dengan tajam
3.      Buku/Kitab                : Jendela Ilmu Pengetahuan
4.      Pusaka                        : Harapan agar Ilmu Pengetahuan tidak hanya sekedar menjadi Pustaka tetapi menjadi “Pusaka” yang mampu menjadi senjata mahakarya bagi peradaban yang lebih baik.


F.      Pendanaan

  1. Dana UKM STIE Bina Bangsa Banten
  2. Swadana Anggota
  3. Donasi lain yang halal dan tidak mengikat

G.     Penutup

Demikian Profil Lembaga ini kami susun sebagai bagian dari kemudahan pelaporan dan informasi. Atas dasar kecintaan kita terhadap ilmu pengetahuan dan perkembangan manajemen dan akuntansi semoga Bapak/ibu/sdr dapat berpartisipasi dan mengakomodir permohonan kami.

Semoga apapun yang kami lakukan menjadi bagian dari ibadah kami dan menjadi bagian dari pengembangan ilmu pengetahuan kami sebagai entitas peubah. Karena di tangan para pemudalah masa depan sebuah bangsa (hadits-red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar